Gelar IBEX 2017, Bankir Yakin Industri Perbankan Nasional Membaik

gelar ibex 2017

Kinerja perbankan nasional diharapkan bisa terus membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.

Ketua umum Perhimpunan bank nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan selain pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik dan meningkatnya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

"Kami harap membaik, seiring dengan tren penurunan bunga yang berkelanjutan," kata Tiko dalam acara pembukaan IBEX, di JCC, Selasa (19/9/2017).

Dia mengatakan, hingga paruh 2017 kredit perbankan memang melambat yakni di kisaran 7,75% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh double digit.

Meskipun melambat namun kinerja perbankan dinilai cukup baik jika dilihat dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) di rasio 22,7%. Kemudian loan to deposit ratio (LDR) 89% dan rasio non performing loan (NPL).

"Kami tetap optimistis perbankan nasional bisa tumbuh lebih baik dan memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional," ujar dia.

Dia menjelaskan, hal ini terlihat dari penyaluran kredit produktif per Juli yang mencapai Rp 3.000 triliun atau sekitar 71,9%. Dengan jumlah kredit untuk infrastruktur Rp 319 triliun.

Selain itu Perbanas juga mendukung gerakan non tunai di masyarakat dalam rangka mendukung efisiensi, keamanan dan teknologi yang andal. Kemudian juga diiringi dengan perlindungan konsumen.

Dia menjelaskan, untuk terus tumbuh bank juga harus mengikuti pergerakan teknologi digital. "Agar bisa ikuti perkembangan konsumen, maka bank harus mampu mengubah paradigma klasik bahwa bank itu kaku dan sistemnya kental," jelas dia.

Tiko menyebutkan, digitalisasi akan memudahkan bank untuk merekam data nasabah dan lebih mudah mengatasi keluhan konsumen.

#NiagaSolution
#MakeBetterYourBusinessSystem
#IBEX2017
#Perbankan

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *